Tugas Softskill Sistem Informasi Akuntansi 1.d

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Bodnard dan Hopwood (2000:23) sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Menurut Baridwan (1996:4) sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa dan komunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak-pihak luar (seperti inspeksi pajak, investor dan kreditur ) dan pihak-pihak dalam (terutama manajemen )

Faktor–faktor yang dipertimbangkan dalam penyusunan sistem informasi akuntansi:

1. Sistem informasi akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip cepat yaitu sistem informasi akuntansi harus menyediakan informasi yang diperlukan dengan cepat dan tepat waktu serta dapat memenuhi kebutuhan dan kualitas yang sesuai..

2. Sistem informasi yang disusun harus memenuhi prinsip aman yaitu sistem informasi harus dapat membantu menjaga keamanan harta milik perusahaan.

3. Sistem informasi akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip murah yang berarti bahwa biaya untuk menyelenggarakan sistem informasi akuntansi tersebut harus dapat ditekan sehingga relatif tidak mahal.

Ciri-ciri dari transaksi SIA:

1.Menghasilkan jumlah data yg besar, yg tiap hari selalu diproses, disimpan dan membutuhkan kecepatan akses yg cepat serta keakuratan yg tinggi

2.Membutuhkan kemudahan dalam pengoperasian pengontrolan serta prosedur error-checking yg baik dalam menjaga sekuritas dan keakuratan data

3.Dirancang khusus untuk kemudahan audit data, serta tracing (menelusuri) transaksi yg terjadi

4.Beberapa menggunakan aplikasi DDS dan MIS, misal digunakan dalam menentukan estimasi dan perencanaan anggaran

 

Sistem informasi akuntansi sendiri memiliki tugas yakni melaksanakan aplikasi pengolahan data perusahaan dengan volume pengolahan data yang tinggi.

Berikut adalah kegiatan pengolahan data:

1. Pengumpulan Data, saat perusahaan menyediakan produk dan jasa ke lingkungan,setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap transaksi internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.

2. Penyimpanan Data, setiap transaksi dijelaskan oleh bipeberapa elemen data. Seluruh data disimpan dalam suatu database. Dan disinilah kegiatan penyimpanan data yang dimaksudkan.

3. Manipulasi Data, kegiatan manipulasi data itu terdiri dari beberapa tahap. Diantaranya adalah:

  • Pengklasifikasian, dalam tahap ini berbagai elemen-elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode.
  • Penyortiran, pada tahap penyortiran catatan-catatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode elemen data.
  • Perhitungan, pada tahap ini hampir semua kegiatan pasti akan melakukan perhitungan,karena operasi matematika dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen data tambahan.
  • Pengikhtisaran, dan pada tahap yang terakhir banyak data yang perlu disarikan menjadi bentuk total,subtotal,dan rata-rata. Dan akan menjadi sebuah kesimpulan dari tahap-tahap sebelumnya.

4. Penyiapan Dokumen, Sistem Informasi Menghasilkan output yang dipicu oleh beberapa cara yang diantaranya:

  • Oleh jadwal waktu, output yang dihasilkan pada suatu saat tertentu.
  • Oleh suatu tindakan, output yang dihasilkan jika sesuatu terjadi.

Sistem Informasi Akuntansi mempunyai peran penting dalam perusahaan, karena dengan prosesnya yang panjang dan juga membutuhkan banyak pekerja menjadikan SIA ini salah satu elemen yang dapat menentukan maju atau mundurnya suatu perusahaan.

Sumber:referensi catatan semester 3 dan http://riezquchiha.wordpress.com/2010/10/09/sistam-informasi-akuntansi-sia/

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s